Berita Terkini
Home / Berita / Pekan Kaderisasi Santri For Better OPNI !!!

Pekan Kaderisasi Santri For Better OPNI !!!

Setiap manusia adalah pemimpin, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dan setiap pemimpin bertanggung jawab atas apa yang telah ia pimpin. Seiring berjalannya arus zaman, Generasi penerus akan terus tumbuh dan mau tak mau harus menggantikan pendahulu dan ini akan terus berlangsung hingga kiamat. Alasan utama inilah yang membangun kami santri Ikhwan Organisasi Pelajar Nurul Islam (OPNI) untuk mengadakan event penting ini. kami menyebutnya dengan Pekan Kaderisasi Santri (PKS) dimana agenda ini bertujuan untuk mengajarkan para santri pentingnya belajar ber-organisasi dan ber-sosialisasi di masyarakat.

Agenda ini kami rasa perlu dilaksanakan mengingat bahwa masa jabatan pengurus OPNI masa jihad 2017/2018 ini sudah akan berakhir dan harus fokus untuk ujian di kelas 12 nanti. Disamping itu, ini merupakan upaya untuk mempersiapkan mereka (adik kelas) mengemban amanah yang nantinya diserahkan pada mereka yang akan lebih berat dari sebelumnya. Peserta PKS ini adalah seluruh santri ikhwan kelas X dan panitianya adalah OPNI kelas XI. Acara ini berlangsung dari tanggal 4 – 6 Mei 2018.

Acara awal ialah pembukaan yang dilaksanakan di halaman MA Nurul Islam di sore hari, Jum’at 4 Mei 2018 dengan menggunakan seragam pramuka. Pembukaan yang dibuka resmi oleh kepala asrama putra ini, berlangsung khidmat dan lancar dengan taujih yang diberikan oleh pembina.

Kegiatan dilanjutkan esok harinya Sabtu siang pukul 13.00, 5 Mei 2018 di masjid Al-Furqon mengenai sosialisasi (pengenalan) tentang organisasi OPNI ini. dimulai dari sejarah, perjuangan, dan diteruskan dengan penyampaian dan penjelasan dari berbagai divisi (bagian) dalam OPNI seperti divisi PH/pengurus harian (ketua, sekretaris, bendahara), Bahasa, Olahraga, Humas, Tarbiyah, Keamanan, dan Kebersihan.

Acara selanjutnya ba’da Ashar adalah latihan public speaking dengan memberikan kata sambutan pada suatu acara yang temanya ditentukan mendadak dari panitia. Ini merupakan latihan bagi mereka untuk bisa menyiapkan diri menjadi pemimpin yang siap menyampaikan argumen dan tidak gugup di depan khalayak banyak orang.

Serta menjadi pemimpin yang siap memimpin dan siap dipimpin. Mereka berdiri satu persatu diatas arena panggung dan mulai memberi contoh sambutan. Acara ini berlangsung meriah dan lancar sampai jam 17.00.

setelah mandi, makan malam, dan persiapan lainnya, kami arahkan mereka untuk berpindah lokasi di masjid sabilul khoirot yang terletak di asrama barat. Setelah shalat maghrib, kami istirahat sebentar dan meneruskan agenda selanjutnya setelah shalat isya’ dengan mengadakan ujian tulis psikologi di salah satu kelas di SDIT Nurul Islam (karena asrama barat berdekatan dengan SDIT Nurul Islam).

Para peserta terlihat serius saat menggarap soal yang telah dibagikan dengan jawaban sesuai dengan versi mereka. Setelah itu, kami lanjutkan dengan sosialisasi tentang salah satu organisasi yang diikuti oleh MA Nurul Islam selain OPNI, yaitu organisasi FOKSIT (Forum Komunikasi Siswa Islam Terpadu) yang dijelaskan oleh dua orang kandidat dari MA NURIS yakni Z.Habibullah & R.Yahya. Setelah itu kami beranjak tidur saat sosialisasi dan renungan malam selesai.

Tak berhenti sampai disitu, kami membangunkan kembali peserta esoknya pukul 00.30, Minggu 6 Mei 2018 untuk pembekalan mental dan fisik. Setelahnya kami adakan konsultasi face to face pada tiap peserta mengenai keluhan mereka, keinginan mereka memasuki divisi apa, kritik dan saran serta permasalahan angkatan mereka, semua ditumpahkan malam itu. Setelah mereka selesai melakukan interview, mereka diharuskan shalat tahajjud lalu kembali tidur.

Berikutnya setelah shalat shubuh berjama’ah, kami bersih – bersih masjid sejenak lalu dilanjutkan dengan jogging sekaligus membersihkan sampah di sepanjang jalan. Kami namakan agenda ini dengan nama GPS (Gerakan Pungut Sampah). Ini mengajarkan para peserta untuk peka terhadap lingkungan sekitarnya dan keadaan kawannya. GPS berakhir pukul 06.30 dan dilanjut dengan senam pagi bersama di halaman MA Nurul Islam. Alhamdulillah, tibalah pada penghujung acara yakni penutupan dan pembagian hadiah bagi santri ter-aktif dan orasi terbaik di masjid Al-Furqon.

Seluruh rangkaian acara terlaksana dengan lancar dan menyenangkan seperti tahun lalu (yang juga mengadakan acara yang sama). Harapannya bagi para penerus kami nantinya, “teruslah berjuang menghadapi lika-liku permasalahan dalam amanah kalian kelak. Semoga kalian sukses dan bisa melampaui kami pengurus lama serta memperbaiki kekurangan dari kami dahulu. Belajarlah dari pengalaman yang telah kalian dapat dari agenda ini”. sukses terus untuk OPNI.

Lihat Juga

Longmarch Qur’an, Kuatkan Jasmani dan Rohani.

Sore itu derap langkah para santri yang diiringi dengan senyuman dengan perlahan menyusuri jalan. Langkah …