DOA BERSAMA KELAS 12 MA NURUL ISLAM TENGARAN MENJELANG UJIAN AKHIR MADRASAH

Sabtu, 13 Maret 2021, Madrasah Aliyah Nurul Islam mengadakan acara doa bersama untuk santri-santri kelas 12 menjelang mereka menempuh Ujian Akhir Madrasah. Acara ini diselenggarakan di Masjid Arrahmah, komplek MA nurul Islam Tengaran, mulai pagi jam 08.00 sampai selesai. Acara ini bertujuan untuk memberikan spirit, motivasi dan pembakalan ruhiyah kepada santri – santri kelas 12 sebelum mereka menempuh ujian akhir.

Meskipun Ujian Nasional sudah ditiadakan, bagaiamanapun tetap saja momentum Ujian Akhir Madrasah ini menjadi sakral, khususnya bagi santri kelas 12 yang sebentar lagi hendak meninggalkan kampus Nurul Islam Tengaran. Karenanya, meskipun acara ini ditujukan untuk santri kelas 12, acara dihadiri oleh semua santri dari kelas 10 dan 11 dan juga seluruh ustadz dan ustadzah pengajar di MA Nurul ISlam

Adapaun susunan acara doa bersama adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci al qur`an
  3. Sambutan Kepala Madrasah
  4. Doa bersama
  5. Kesan dan Pesan kelas 12
  6. Materi motivasi
  7. Penutup
  8. Salam-salaman  

Setelah acara dibuka oleh pembawa acara, Tika Anfalyani dan Putri Dwi Yulianti, santri kelas 12.2  dan 12.3, dan tilawah al qur`an yang dibacakan oleh santri kelas 12.1 Muhammad Hasan Huwaidi, acara dilanjutkan denga sambutan yang disampaikanoleh Ust Purwoko, M.Pd selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, beliau mengajak semua santri untuk senantiasa serius di dalam beramal, termasuk di dalam menuntaskan tugas tugas studi.

“Insya Allah kita akan sampaikan juga kepada seluruh wali santri, khususnya wali santri kelas 12, bahwa hari ini kita mengadakan acara doa bersama, sehingga orang tua di rumah juga ikut mendoakan kesuksesan bagi kalian”, kata beliau.

Acara inti doa bersama dipimpin oleh Ust H Luthfi Chakim, Lc, Direktur Pesantren Sabilul Khoirot. Dalam mukaddimahnya, beliau mengajak kepada para santri untuk senantiasa bermunajat mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa-doa yang dipanjatkan.

“Kita di sini bersama berdzikir dan berdoa, sebagaimana yang telah diajarkan oleh para ulama. Dengan kekuatan doa inilah, kita bisa mendapatakan hasil yang terbaik, tentu dengan izin Allah SWT”, kata beliau.

                Setelah itu beliau memimpin pembacaan dzikir pembersihan hati dan pembersihan diri dari dosa dan kesalahan, yang diakhiri dengan doa bersama. Acara dilanjutkan dengan kesan dan pesan dari perwakilan kelas 12 yang disampaikan oleh M. Furqon Alfani. Furqon memohon doa restu dan sekaligus memohon maaf kepada para ustadz dan ustadzah, dan juga adik adik kelas jika selama interaksi di  pesantren terdapat kekhilafan dan kesalahan. Setelah acara doa bersama, Ust Muh Sa`dullah Mahmud, M.Psi selaku koordinator Bimbingan dan Konseling memberikan materi motivasi untuk seluruh santri.

                “Tidak ada kata kegagalan dalam kamus kita, selama kita sudah memaksimalkan usaha dan ikhtiyar kita”, kata beliau.

               

Penghujung acara ditutup dengan salam-salaman, dimana santri santri kelas 12 memohon doa restu kepada semua keluarga MA Nurul Islam, baik para ustadz dan ustadzah, maupun kepada adik-adik kelasnya. Tanpa di rencanakan, tiba-tiba momentum ini menjadi momentum yang mengharukan dan penuh linangan air mata. Apalagi diiringi dengan lantunan shalawat yang mengalun merdu dari mulut ust Fajar Ali Shodikin, S,Pdi, pengampu ekstra rebana.

               

Semoga Allah SWT membeerikan kemudahan dan kesuksesan untuk santri kelas 12 dengan hasil yang terbaik. Amin.

admin/humas  

Lihat Juga

MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM TENGARAN ADAKAN SEMINAR ORIENTASI STUDI KE LUAR NEGERI BAGI SANTRI, HADIRKAN NARA SUMBER DARI TURKI DAN KOMITE PENDIDIKAN LUAR NEGERI (KPLN) JAKARTA

Bagian Bimbingan Konseling (BK) Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran mengadakan webinar Orientasi Studi ke Luar …

PIMPINAN DPRD KAB. SEMARANG, M. JAUHARI MAHMUD, S.HI MEMBERI MATERI AJAR TENTANG APBD KEPADA SANTRI MA NURUL ISLAM

Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran menghadirkan pembicara tamu / native speaker dalam kegiatan belajar mengajar. …

AMALIA HANIAH LUTHFIYANI, S.H, BUKAN SARJANA BIASA

Kabar membanggakan kembali hadir untuk civitas akademika Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran. Amalia Haniah Luthfiyani, …