Berita Terkini
Home / Home / Jurnalistik: Suara Siswa

Jurnalistik: Suara Siswa

Kebijakan Perizinan Keluar Hanya Enam Kali Dalam Satu Semester

 

Rasa-rasanya setiap santri ingin menghirup udara bebas diluar asrama. Istirahat sejenak dari sekian banyak rutinitas yang membosankan dan melelahkan. Tapi apa boleh buat, apabila peraturan  asrama telah menentukan nasib mereka untuk merasakan indahnya dunia diluar sana, melihat pemandangan yang  berbeda dari biasanya.

Hanya enam kali dalam satu semester, yang berarti juga sebulan sekali.  Kadang sulit diterima dengan keputusan itu. “ Aku lelah, Aku bosan! Aku ingin menghirup udara segar di luar sana Bu!” kadang rengekan santri saat dijenguk yang ingin keluar asrama menggema-gema, walau hanya untuk berjalan dan makan bersama tak mendapat toleran dari pihak asrama. Yang membuat mereka berakhir  dengan mata sendu.  Menitihkan bulir air mata dalam pelukan hangat sang Ibu.

Namun, peraturan tetaplah peraturan. Pihak asrama pun membuat peraturan seperti itu dengan banyak pertimbangan baik dan buruknya bagi para santri. Bersabarlah engkau para santri. Pihak asrama memang tak mengijinkan apabila setiap kali dijenguk boleh kaluar. Ada waktunya mereka para santri dapat keluar, tapi dengan syarat keperluan yang memang sangat penting sekali.

Tak mungkin bila pihak asrama akan mengurung santri-santrinya tanpa membolehkan  keluar asrama sama sekali. ini bukan penjara suci. Yah, walaupun dengan syarat atau yang biasa disebut dengan udzur syar’i, tapi setidaknya itu menjadi solusi yang baik untuk kedua belah pihak.

Dengan diterapkan kuota perijinan yang hanya ada enam kali kesempatan dalan satu semester, itu sudah cukup. Tinggal dimanfaatkan moment itu sebaik-baiknya. Berbijaklah dalam menggunakannya. Dan bersyukurlah, karna tak semua  santri dapat merasakan nikmatnya keluar asrama selain perpulangan. Selama perjuangan mereka belum benar-benar tuntas tak boleh sedetikpun meningglkan asrama.

Maka dari itu banyak pula santri di ranah yang berbeda menanti-menanti jadwal perpulangan mereka. Bahkan hingga tak dijenguk pun pasti juga ada. Semangat para santri. pihak asrama bukan ingin mengekangmu dalam kejenuhan agenda asrama, tapi ingin melatihmu menjadi pribadi yang mandiri tanpa slalu ada kehadiran orang-orang tercinta disisi. Dan ada kalanya, kesempatan bersua menanti untuk menghibur diri.

Salam dari sesama santri!

 

Shofia Zahra T. (X.3)

Lihat Juga

Ramadhan Memang Istimewa

Ramadhan tiba, ramadhan tiba, ramadhan tiba, tiba-tiba ramadhan, tiba-tiba ramadhan, tiba-tiba ramadhan, tiba-tiba ramadhan….. Ramadhan …