M. MUFID ANWAR HIDAYAT, AL HAFIDZ, ALUMNI KE-17 MA NURUL ISLAM TENGARAN YANG MELANJUTKAN STUDI DI UNIVERSITAS AL AZHAR MESIR

Tanggal 24 Januari 2021 akan dikenang sebagai salah satu hari yang bersejarah, khususnya bagi M. Mufid Anwar Hidayat, dan umumnya bagi keluarga besar Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran. Pada hari tersebut, dengan izin Allah SWT Mufid menginjakkan kaki di bumi kinanah, mesir, setelah menempuh perjalanan udara selama kurang lebih 10 jam dari Jakarta. Mufid, alumni angkatan ke lima Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran, akan melanjutkan studinya di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.

Mufid yang juga telah mengkhatamkan hafalan al qur`an 30 juz ini tercatat menjadi alumni ke 17 dari MA Nurul Islam Tengaran yang melanjutkan studi di Al Azhar. Dan sebagaimana yang sudah-sudah, proses keberangkatan mufid ke Kairo ini juga dibimbing oleh   Komite Pendidikan Luar Negeri (KPLN) Jakarta di bawah asuhan ustadz H. Umar Solehudin, MA dan Ust H. M. Ainun Najib, MA. KPLN membimbing semenjak proses awal pemberkasan, pembekalan calon mahasiswa sampai kepada keberangkatan dan penempatan mahasiswa di Kairo.

“Saya berterima kasih sekali kepada keluarga besar MA Nurul Islam dan semua asatidz yang telah membantu saya membimbing saya siang dan malam, sehingga saya bisa mewujudkan cita cita saya melanjutkan studi di Al Azhar ini”, kata mufid, yang merupakan putra dari pasangan Bapak Arifin Hidayat dan Ibu Nina Fitrianingrum dari Wonogiri ini.

Sesampai di Kairo, tentu saja mufid langsung disambut oleh kakak-kakak kelasnya yang sudah lebih dahulu menimba ilmu di sana. semua alumni MA Nurul Islam tergabung dalam wadah ikatan alumni yang bernama IKAMANISTA (Ikatan Alumni MAdrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran). Selain Mufid yang melanjutkan studi ke al azhar, beberapa alumni Madrasah Aliyah Nurul Islam yang seangkatan dengannya juga melanjutkan studi di luar negeri, yakni di Sudan dan Malaysia.

Tahun 2020/2021 ini memang ada perubahan kebijakan tentang calon mahasiswa baru al azhar. Dimana program persiapan bahasa / i`dad lughoh sepenuhnya di selenggarakan di indonesia. Dan berhubung masa pandemi covid 19 masih melanda, program persiapan bahasa diselenggarakan secara online. Dengan begitu, mufid datang ke kairo sudah langsung masuk ke jenjang S1, dan bahkan kabarnya sudah langsung mendekati masa ujian.

Semoga Allah mudahkan dan berkahi langkah kita semua, amiin.

(Admin/humas)

Lihat Juga

MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM TENGARAN ADAKAN SEMINAR ORIENTASI STUDI KE LUAR NEGERI BAGI SANTRI, HADIRKAN NARA SUMBER DARI TURKI DAN KOMITE PENDIDIKAN LUAR NEGERI (KPLN) JAKARTA

Bagian Bimbingan Konseling (BK) Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran mengadakan webinar Orientasi Studi ke Luar …

PIMPINAN DPRD KAB. SEMARANG, M. JAUHARI MAHMUD, S.HI MEMBERI MATERI AJAR TENTANG APBD KEPADA SANTRI MA NURUL ISLAM

Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran menghadirkan pembicara tamu / native speaker dalam kegiatan belajar mengajar. …

AMALIA HANIAH LUTHFIYANI, S.H, BUKAN SARJANA BIASA

Kabar membanggakan kembali hadir untuk civitas akademika Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran. Amalia Haniah Luthfiyani, …