Berita Terkini
Home / Berita / Matsama lanjutan

Matsama lanjutan

SATU LANGKAH MENUJU GERBANG IMPIAN
MA NURUL ISLAM TENGARAN

TENGARAN, 15 September 2020 – NEW NORMAL MATSAMA. Menunda kedatangan santri selama dua pekan, tidak menyurutkan semangat santri baru kelas X Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran untuk kembali beraktivitas belajar di pondok pesantren. Santri baru kelas X mengikuti serangkaian acara mulai dari karantina 10 – 14 hari hingga dapat mengikuti MATSAMA tatap muka. MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) kali ini di selenggarakan berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Kegiatan berlangsung selama dua sesi, yaitu online (Daring via Zoom Cloud Meetings) pada Senin – Selasa, 13 – 14 Juli 2019 dan offline pada Senin – Selasa, 14 – 15 September 2020 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai standar protokol kesehatan.

Kegiatan sesi offline atau tatap muka dimulai dangan pembacaan ayat suci Al – Qur’an oleh Ustadz Fajar Ali Shodiqin, S. Pd, sambutan Ustadz Luthfi Chakim, Lc selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan. Tak lupa perkenalan guru dan karyawan serta penyampaian kurikulum pembelajaran masa new normal covid-19 oleh Ustadz M. As’ad Mahmud, Lc.

New Normal – MATSAMA membawa semangat baru. Santri baru satu langkah ke depan untuk menjemput impiannya. “Aku Santri, Siap Berprestasi” adalah jargon pemantik di MATSAMA. Penyampaian materi pembuka oleh Ustadz Purwoko, M. Pd mengajak para pemuda terutama santri untuk menjadi Santri Berprestasi dengan akhlakul karimah. Disambung dengan penggalian potensi diri untuk menjawab pertanyaan “Who Am I”, Direktur Kepesantrenan Ustadz Muh. Sa’dullah, M. Psi santri baru semakin antusias dengan tips yang diberikan untuk mengenali kekuatan, kelemahan, tantangan dan ancaman diri.

Puncak semangat santri baru di hari kedua MATSAMA Selasa, 15 September 2020. Dibuka kembali dengan ice breaking dan materi Design Your Future oleh Ustadzah Callista Herdianingtyas, S. E. “Bermimpi itu tidak dipungut biaya, GRATIS. Bermimpilah setinggi mungkin, yakin inshaAllah, Allah akan kabulkan impianmu satu persatu”, itu salah satu pesan yang disampaikan olehnya, kemudian santri baru menulis impian yang ingin dicapai di MA Nurul Islam Tengaran dan setelah lulus dari madrasah.
Bahkan, salah satu santri baru bernama Salwa Ulayya asal Jakarta memiliki impian menjadi Ketua OSIS tahun mendatang, dan lulus mendapatkan beasiswa untuk studi di Universitas Oxford.

Para alumni (IKAMANISTA) turut memeriahkan MATSAMA dengan NGOBRAL Online (Ngobrol Bareng Alumni) melalui Zoom Cloud Meetings. Tujuh alumni hadir dari IKAMANISTA Turkey, Sudan, Malaysia, Mesir, Depok, Tasikmalaya, dan Calon Mahasiswa Al – Azhar Mesir yang Hafidz 30 Juz. Mereka berbagi inspirasi dan semangat menghafal Al – Qur’an dan belajar selama di pondok pesantren. Pesan para alumni kepada santri baru, selamat datang di keluarga besar MA Nurul Islam, selamat menjemput impian, berbaktilah kepada orangtua, belajarlah dengan sungguh-sungguh, menghafal harus mau mengulang – ulang, hormati pada ustadz dan ustadzah, berorganisasilah, selalu berdo’a di waktu mustajab, dan menjadi orang yang bermanfaat.

Pesan dan kesan dari santri putra Ahmad Chasan menjadi penutup kegiatan MATSAMA. Santri yang memiliki impian mendapat beasiswa studi di Madinah memberi semangat kepada teman angkatannya agar semangat dalam belajar dan istiqomah menghafal. Semoga menjadi orang ‘alim yang sukses dunia akhirat. Aamiin

Lihat Juga

Hari Pendidikan Nasional

Late post 02 Mei 2020, tepat pada hari itu diperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional atau …