Berita Terkini
Home / Keasramaan / Pentingnya Sifat Berani

Pentingnya Sifat Berani

oleh: Ahmad Aji S.W. kelas 10

Berani adalah salah satu sifat yang wajib dimiliki pemuda islam. Kenapa? karena jika sifat berani saja tidak punya, maka bagaimana jika kita akan menegakkan kebenaran, kalau kita saja sifatnya penakut.

Seorang muslim sejati pun tidaj pernah merasa takut karena merka memiliki Allah SWT disisinya. Ada sebuah kisah nyata seorang laki-laki muslim dan 3 orang perempuan muslimah naik bus dan 2 orang dari perempuan tersebut memakai cadar. Selang beberapa menir ada pria besar duduk di depan 3 perempuan tersebut dan dari jauh lelaki muslim mendengar suara pria besar tersebut kian meninggi.

Singkat cerita. Si lelaki muslim menghampiri pria besar itu, lalu duduk disampingnya dan bertanya. Si pria besar pun menjawab “Aku santai saja, aku hanya hanya berusaha rileks”. Sipria besar pun bertanya balik kepada pria muslim kenapa ia datang dan duduk di sampingnya, si pria muslim pun menjawab “Barangkali anada punya masalah sehingga bisa saya bantu”. Si pria besar pun berdiri dan pria muslim pun sontak berpikir jika si pria besar ingin berkelahi. Sontak si lelaki muslim ikut berdiri tetapi pria besar itu hanyaberjalan melewatinya dan turun dari bus sembari berkata “Aku tidak takut padamu”.

Dari cerita diatas kita dapat menyimpulkan bahwa selama kira berani menegakkan yang benar, Allah SWT selalu bersama kita. Sedangkan Allah menanamkan ketakutan di hati musuh-musu, sehingga mereka terdiam ketika berhadapan dengan kita.

Seperti Abu Bakar Ash-Shidiq, orang yang berani membenarkan berita dari Rosulullah SAW karena ia tau Rasulullah tidaj akan bogong. Selama kita menegakkan kebenaran maka Allah bersama kita.

Lihat Juga

Hari Santri Nasional

22 Oktober 2019 Kami santriwan dan santriwati ma’had Nurul Islam Tengaran mengucapkan “Selamat Hari Snatri …