Berita Terkini
Home / Berita / Santri MA Nurul Islam Tengaran Raih Juara 2 Pidato Bahasa Arab Se-Jawa

Santri MA Nurul Islam Tengaran Raih Juara 2 Pidato Bahasa Arab Se-Jawa

Tengaran – Salah seorang santri MA Nurul Islam Tengaran, Yusuf Rahmatullah meraih juara ke-2 pidato bahasa Arab se-Jawa Tengah di ajang Arabic Fair UNS 2017 pada Kamis-Sabtu (12-14/ Oktober) lalu. Bertemakan “Kilau Karya Negeri Sahara”, acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Arab QIS’AR Universitas Sebelas Maret (UNS).

Yusuf Rahmatullah berhasil mengungguli peserta lainnya yang berjumlah tak kurang dari 40 peserta dari berbagai daerah di pulau Jawa. Tercatat perwakilan dari Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jakarta juga ikut andil dalam ajang ini, beberapa sekolah dari Jawa Timur seperti MAN Paron Ngawi serta madrasah-madrasah di Jawa Tengah.

Saat malam puncak penganugerahan pemenang lomba pidato bahasa arab, tercatat sepuluh nominasi nama pemenang dari 7 sekolah, Ahmad Faruq Hilmi dan Humam Ibrahim dari MA Al-Irsyad Tengaran, Ali Jadul Haq dan Ratri Indah dari MAPK Solo, Diana Putri Maharani dan Elliya Nafilatul Afifah dari MAN Paron Ngawi, Yusuf Rahmatullah dari MA Nurul Islam Tengaran, M. Akmal Fikri, Ikhzan M.A.

Yusuf yang merupakan alumni SMP IT Nurul Islam Tengaran tersebut menceritakan, keberhasilannya tampil menjadi juara 2 pidato bahasa arab se-Jawa tak lepas dari sentuhan dingin pelatih pidato bahasa arab ustadz Lutfi Chakim, Lc. dan dukungan dari asatidz serta doa-doa dari semuanya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada para asatidz atas support dan doa-nya serta dukungan teman-teman semua, dan terkhusus saya ucapkan terimakasih kepada ustadz Lufti Chakim yang telah meluangkan waktu untuk melatih” ujar Yusuf santri kelas 10 MA Nuris ini.

Adapun trik-trik khusus yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi lomba menurutnya perlu tiga hal: usaha, doa, serta keyakinan.

“Ada tiga hal yang perlu dipersiapkan untuk sebuah perlombaan, selain usaha juga perlu adanya doa serta keyakinan, karena tanpa keyakinan akan sangat sulit untuk bisa mengusai panggung”

Selain itu dirinya juga meminta doa kepada semuanya, karena bulan November mendatang ia akan ikut serta dalam lomba pidato bahasa arab yang diselenggarakan oleh Universitas Muhamadiyah Surakarta.

MA Nurul Islam sendiri dalam ajang Arabic Fair UNS 2017 ini mengirimkan empat delegasi,untuk kategori Kaligrafi (Nafisah Mujahidah Azzahra dan Aulia Tsabita), Pidato Bahasa Arab (Annisa Nur Rohmah dan Yusuf Rahmatullah), Story Telling (Ghefira Nasiha), dan Puisi Arab (Irfan Nugroho). Namun baru satu kategori lomba yang berhasil meraih juara. (Sitta)

Lihat Juga

Yusuf Rahmatullah kembali meraih Juara 2 dalam Lomba Pidato Arab

Tengaran – Alhamdulillah, kabar baik akhirnya kembali terdengar dari salah satu santriwan MA Nurul Islam, …