Berita Terkini
Home / Berita / Tingkatkan Ketertiban Santri, MA Nuris Sosialisasikan dan Launching GDM

Tingkatkan Ketertiban Santri, MA Nuris Sosialisasikan dan Launching GDM

Tengaran – Setelah menikmati liburan selama satu minggu seusai melaksanakan UTS semester 1 dan agenda Awesome Muharram, tibalah waktunya untuk santri MA Nurul Islam kembali lagi menimba ilmu. Di hari pertama ini, para asatidz MA Nurul Islam mengadakan sosialisasi tata tertib Madrasah. Sosialisasi ini penting diadakan untuk lebih menekankan santri-santri MA Nurul Islam atas pentingnya peran kita sebagai pelajar menaati peraturan dan menjaga adab sebagai penuntut ilmu.

Agenda ini pun bertujuan agar santri Madrasah Aliyah bisa lebih memelihara, menghormati, dan menjaga ketertiban Madrasah yang telah ditetapkan. Karena kebijakan peraturan yang telah ditentukan oleh pihak madrasah, bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan agar proses belajar selama di madrasah berjalan optimal dan efektif.  

Baca>> Santri MA Nurul Islam Tengaran Raih Juara 2 Pidato Bahasa Arab Se-Jawa

Telah banyak kita saksikan banyak sekali fenomena siswa-siswi pelajar sekolah masih saja banyak dari mereka yang menyepelekan serta meremehkan peraturan. Tak hanya itu saja adab serta sopan santun sebagai pelajar kepada gurunya atau asatidznya berkurang. Oleh karena itu diadakannya agenda ini penting untuk dilaksanakan.

Sosialisasi ini terlaksana kemarin senin (16/10) pukul 07:30 WIB pagi hari, berlokasi di ruang aula MA Nuris lantai dua. Kepala madrasah dan waka kesiswaan MA Nurul Islam memberi pengarahan terkait pentingnya seorang pelajar harus bisa menjaga adab kepada seorang asatidz.

Oleh karena itu, demi menjaga ketertiban peraturan madrasah agar sesuai dengan yang diharapkan, serta menindak lanjuti para santri yang masih menyepelekan peraturan madrasah, pihak Madrasah Aliyah Nurul Islam membentuk gerakan penertiban yang diberi nama GDM (Gerakan Disiplin Madrasah).

Dalam sosialisasi ini dikenalkan mengenai GDM, tujuan, serta tugas-tugasnya. GDM (Gerakan Disiplin Madrasah) merupakan suatu gerakan yang dibentuk madrasah untuk membantu para asatidz menegakkan tata tertib yang berlaku di MA Nurul Islam.

Anggota GDM adalah seluruh santri MA Nurul Islam dengan 2 kelompok yaitu ikhwan dan akhwat. Masing-masing kelompok dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : kelas 10, kelas 11, kelas 12. Setiap satu kelas diwakili satu orang perwakilan dari masing-masing kelas.

“Hidup dengan peraturan itu memang menyulitkan. Namun akan lebih menyulitkan lagi, bila kita hidup tanpa aturan”

Petugas sendiri nantinya bertugas secara bergilir sesuai dengan urutan nomor absen mereka, serta mengenakan rompi tugas. GDM ini bertujuan untuk mengatur berjalannya tata tertib madrasah menjadi lebih tertata rapi tanpa ada gejala.

Adapun tugas dari GDM ini antara lain;

  1. Menkoordinir santri masuk tepat waktu
  2. Melaksanakan apel pagi sebelum masuk kelas
  3. Mencatat santri yang tidak tertib dan melanggar peraturan untuk selanjutnya ditindak lanjuti pihak madrasah.

Adanya GDM bukan bermaksud menyulitkan para santri. Hal ini merupakan upaya dari asatidz agar para santri terbiasa menjaga kedisiplinan dan menaati tata tertib madrasah serta mengoptimalkan berjalannya KBM menjadi lebih teratur. Respon dari santri adalah menyetujui kebijakan ini.

Lihat Juga

MANISTA VS AL-IRSYAD

pertandingan antara MANISTA VS AL-IRSYAD telah dilaksanakan pada pekan lalu. melibatkan seluruh murid kelas 10,11, …