Berita Terkini
Home / Berita / Upgrade Berbahasa Arab dengan Muhadatsah

Upgrade Berbahasa Arab dengan Muhadatsah

Tepat pukul tujuh pagi, seluruh santriwati MA Nurul Islam bergegas untuk berkumpul di halaman sekolah guna melaksanakan muhadatsah. Ngomong-ngomong, muhadatsah itu apa, sih? Menurut bahasa, muhadatsah adalah percakapan, dialog atau berbicara. Nah, kegiatan ini merupakan salah satu upaya peningkatan keterampilan berbahasa arab untuk para santriwati yang diselenggarakan oleh opni divisi bahasa. Tidak hanya menambah kosa kata, tetapi juga melatih kelancaran dalam pengucapannya.

Para santriwati dibagi menjadi beberapa kelompok, kelas X menjadi 4 kelompok dan kelas XI menjadi 1 kelompok. Muhadatsah dilaksanakan rutin pada pukul 07.00-07.30 pada hari Senin- Jum’at. Hari senin – kamis merupakan penambahan kosa kata disertai contoh kalimat dan pada hari jum’at merupakan muraja’ah atau mengingat kembali kosa kata yang telah dihafal sebelumnya. Tidak hanya dihafal, kosa kata juga disetorkan pada koordinator muhadatsah yang merupakan anggota divisi bahasa. Agar tidak hanya dihafal lalu dilupakan,  kosa kata diamalkan dengan diberlakukannya language time, language  area, dan language day.

Kegiatan rutin ini sangat membantu mengupgrade kemampuan berbahasa arab para santriwati, mengingat bahasa arab merupakan bahasa npenting karena merupakan bahasa al-Qur’an serta banyak juga santriwati yang berminat untuk melanjutkan studi ke Timur Tengah setelah lulus dari MA Nurul Islam tercinta ini.

Lihat Juga

Hari Sumpah Pemuda

SOEMPAH PEMOEDA Pertama : – KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, …