WISUDA ANGKATAN 6 MA NURUL ISLAM TENGARAN : NOESANTARA, SEDEKAT SAHABAT, SEHANGAT KELUARGA

Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran mengehelat acara wisuda angkatan ke 6 pada hari sabtu, 3 April 2021 kemarin. Berhubung masih dalam suasana pandemi, acara ini diselenggarakan tertutup hanya untuk santri dan asatidz saja, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seremonial acara difokuskan hanya untuk santri saja, yang memang sudah sejak lama berada di pesantren, bersama para ustadz/ah, musyrif dan musyrifah MA Nurul Islam Tengaran. Acara seremonial ini diselenggarakan di aula masjid arrahmah di mulai pada pk 07.30 WIB sampai pk 10.00 WIB.

Meski diselenggarakan tertutup dan untuk internal, acara seremonial perpisahan  dan wisuda ini tetap berjalan khidmat. Apalagi memang banyak kenangan mengiringi angkatan 6 yang menjuluki generasinya dengan nama NOESANTARA ; SEDEKAT SAHABAT, SEHANGAT KELUARGA ini. Susunan acara seremonial wisuda kelas 12 ini sebegai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci al qur`an : Ghozi Abdurrahman
  3. Sambutan kepala madrasah : Ust Purwoko, M.Pd
  4. Sambutan OPNI : Azfa Aulia Hakim  (ketua OPNI)
  5. Sambutan perwakilan kelas 12 : M. Furqon Alfani
  6. Ikrar Alumni
  7. Hiburan : Rebana MA Nuris
  8. Mauidzah hasanah : KH Lutfi Hakim, Lc (Direktur Pesantren)
  9. Penghargaan penghargaan
  10. Doa penutup : Ust M. As`ad Mahmud, Lc (Ketua Yayasan)
  11. Salam-salaman wada`an

Sesudah acara seremonial selesai, barulah orangtua/wali santri kelas 12 datang untuk mengambil rapor hasil belajar. Lalu bersama putra  masing masing mengikuti sesi foto bersama bapak Kepala Madrasah, Ust Purwoko, M.Pd di space foto yang sudah disediakan. Semua wali santri yang datang harus memenuhi protokol kesehatan dan membawa surat hasil rapid antigen. Setelah sesi foto selesai, orang tua/wali diperkenankan membawa putra putrinya kelas 12 pulang ke rumah masing – masing. Itu sekaligus menandai akhir dari perjalanan dan kisah santri angkatan 6 di pesantren Nurul Islam Tengaran.

Kembali ke acara seremonial, dalam sambutannya, Ustadz Purwoko menegaskan agar para santri alumni MA Nurul Islam tetap menjaga akhlak dan pendidikan yang sudah di peroleh selama belajar di MA Nurul Islam.

“Para salafussaleh telah mengajarkan, bagaimana sikap mereka terhadap guru guru mereka, baik itu di masa masih belajar, ataupun di masa sudah tidak belajar lagi dengan guru tersebut. Mereka tetap menghormati”, kata beliau.

Setelah dilanjutkan dengan sambutan dari ketua OPNI Azfa Aulia Hakim dan perwakilan kelas 12 Muhammad Furqon Al Fani, acara puncak wisuda ditandai dengan pembacaan ikrar alumni angkatan 6. Pembacaan ini dipimpin oleh Ibrahim Hanif, dan ditirukan oleh seluruh kelas 12.

Sedangkan Ustadz Luthfi Hakim selaku Direktur Pesantren dalam wejangannya menekankan pentingnya orang itu tetap menjaga ilmunya, sebab orang yang tak berilmu itu seperti mayyit, kata beliau.

Dalam acara ini juga di berikan penghargaan penghargaan kepada para santri peraih nilai terbaik paralel. Dimana nilai terbaik ke 3 di peroleh Sheva Ihza Maulana, peringkat ke 2 Nabila Hasna Musfirah, dan peringkat 1 terbaik diperoleh Farah Hanum Putri.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz As`ad Mahmud, Lc dan dilanjutkan dengan salam salaman perpisahan. Sungguh suatu momen yang mengahrukan. Semoga sukses untuk generrasi ke enam noessantara, amiin.

Lihat Juga

MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM TENGARAN ADAKAN SEMINAR ORIENTASI STUDI KE LUAR NEGERI BAGI SANTRI, HADIRKAN NARA SUMBER DARI TURKI DAN KOMITE PENDIDIKAN LUAR NEGERI (KPLN) JAKARTA

Bagian Bimbingan Konseling (BK) Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran mengadakan webinar Orientasi Studi ke Luar …

PIMPINAN DPRD KAB. SEMARANG, M. JAUHARI MAHMUD, S.HI MEMBERI MATERI AJAR TENTANG APBD KEPADA SANTRI MA NURUL ISLAM

Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran menghadirkan pembicara tamu / native speaker dalam kegiatan belajar mengajar. …

AMALIA HANIAH LUTHFIYANI, S.H, BUKAN SARJANA BIASA

Kabar membanggakan kembali hadir untuk civitas akademika Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran. Amalia Haniah Luthfiyani, …