Berita Terkini
Home / Berita / Bekerjasama dengan Rumah Sakit Paru Salatiga, Nuris Adakan Penyuluhan Kesehatan

Bekerjasama dengan Rumah Sakit Paru Salatiga, Nuris Adakan Penyuluhan Kesehatan

Tengaran (19/10/2017), Yayasan Pendidikan Islam Sabilul Khoirot bekerjasama dengan Rumah Sakit Paru Dr.Ario Wirawan Salatiga, mengadakan penyuluhan kesehatan bagi santri SMPIT dan MA Nurul Islam Tengaran. Diadakan di Masjid Ar-Rahmah Nurul Islam hari Selasa pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini ditunjukkan bagi santri SMPIT maupun MA Nurul Islam Tengaran seputar kesehatan serta menambah ilmu baru bagi santri mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Selain itu, kegiatan ini juga diadakan guna melatih kesadaran santri akan pentingnya menjaga kesehatan mereka serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan mereka baik di asrama maupun di madrasah. Sebelum agenda ini diadakan, santri secara berjama’ah mengadakan muraja’ah hafalan juz 30 mereka.

Penyuluhan ini diadakan selama dua sesi, di sesi yang pertama, santri diberi penyuluhan seputar penyakit-penyakit, seperti; TBC, diare, asma, dll. dan ciri-ciri orang yang terkena penyakit-penyakit tersebut. Tidak lupa mereka juga memberikan cara mengantisipasi berbagai penyakit-penyakit tersebut.

Dicontohkan dalam presentasi penyakit TBC, TBC adalah penyakit menular yang ditandai dengan gejala batuk tidak sembuh-sembuh disebabkan oleh bakteri. Selain menyerang paru-paru, penyakit TBC  juga dapat menyerang organ tubuh yang lain. Ciri-ciri orang yang terkena penyakit TBC adalah batuk yang tidak sembuh-sembuh selama lebih dari 3 minggu, demam, keluar keringat dingin waktu malam, dan gejala yang lebih parah adalah batuk disertai darah. Penyebab TBC ini karena bakteri Mycobacterium Tuberculosis. dan cara  pencegahannya adalah tidak meludah sembarangan dan menjaga kebersihan rumah serta memeriksakan segera ke puskesmas  agar mendapat tindakan penyembuhan segera.

Setelah sesi pertama selesai, santri diperbolehkan untuk istirahat sejenak sembari menikmati snack yang telah disiapkan panitia acara. Sesaat setelah istirahat berakhir, acara dilanjutkan ke sesi yang kedua. Di sesi kedua ini, santri diberi penyuluhan bagaimana cara menjaga kesehatan diri maupun lingkungan sekitar. Santri juga diajarkan cara mencuci tangan yang benar sebelum makan maupun setelah aktivitas di luar lainnya, serta cara menanggulangi penyakit sebelum bertambah parah, tak lupa santri diberikan bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan agar tidak kotor dan terhindar dari penyakit.

Kegiatan penyuluhan kesehatan ini berakhir pukul 11.00 WIB dan Alhamdulillah berlangsung dengan lancar dan juga menyenangkan. Harapan ke depannya adalah santri dapat mengamalkan ilmu apa saja yang telah di dapat setelah penyuluhan ini, bukan hanya tahu akan ilmu yang didapat, supaya santri Nurul Islam terhindar dari penyakit dan selalu menjaga kebersihan.

Lihat Juga

MANISTA VS AL-IRSYAD

pertandingan antara MANISTA VS AL-IRSYAD telah dilaksanakan pada pekan lalu. melibatkan seluruh murid kelas 10,11, …