Berita Terkini
Home / Berita / Education Expo for better future

Education Expo for better future

Tak terasa Ujian Nasional sudah menanti di depan mata. Layaknya para pelajar umum kelas XII lainnya, siswa MA Nurul Islam pun kini tengah mempersiapkan diri menghadapi berbagai rangkaian ujian tersebut. Waktu belajar pun makin diperketat khususnya di malam hari di kelas masing-masing. Di kala kesibukian belajar pula, mereka juga sedang memikirkan dan menyiapkan diri guna melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, yakni melanjutkan ke universitas impian yang diharapkan. Banyak dari santri, sibuk mencari informasi pendaftaran dan info terkini dari universitas yang ingin dituju. Oleh karena itu, demi membantu proses kelulusan para santri nantinya, maka pihak Madarasah Aliyah mengadakan sebuah kegiatan bernama Education Expo. Kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran mengenai beberapa universitas favorit yang dapat dimasuki. Agenda ini berlangsung selama dua hari, tepatnya di hari Sabtu dan Ahad. (24-25 /02/18).

Di hari Sabtu,bertempat di Masjid Ar-Rahmah komplek ponpes Nurul Islam. Diikuti khusus untuk kelas XII, berbagai sosialisasi disampaikan saat itu dari berbagai universitas diantaranya : UMS Surakarta, UTY Yogyakarta, Darussalam Gontor, Unissula Semarang, dan Politeknik Kesehatan Surakarta. Masing-masing Orator, begitu antusias menjabarkan presentasinya untuk menyakinkan para santri agar bisa sukses melanjutkan studi yang diinginkan. Dan acara hari itu berakhir tepat ketika adzan dzuhur berkumandang.

Dilanjut esok harinya, hari Ahad bertempat di Masjid As-Salam komplek ponpes Nurul Islam. Pada kesempatan hari kedua ini, diperuntukkan bagi kalangan pelajar umum yang ingin mengikuti dan telah regristrasi. Kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh kelas XII saja, namun kelas XI & X Madarasah Aliyah juga menunjukkan antusias mengikuti acara tersebut. Selain untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana dunia perkuliahan, mereka juga ingin mengetahui info seputar beberapa universitas. Hitung-hitung cari ilmu dan pengalaman baru sebelum menghadapinya nanti. Bukan hanya tuan rumah saja yang memeriahkan acara ini, berbagai pelajar umum lainnya turut hadir seperti para pelajar dari MAPK Solo, MA Al-Irsyad, SMA Al-Hikmah, SMA IT Nur Hidayah Kartasura, dll.

Presentasi di hari Ahad, mengenai perkenalan dengan universitas IAIN Salatiga dan Stikes Surya Global Yogyakarta. Para Jubir dari pihak universitas, menjabarkan bagaimana cara pendaftaran dan masuk ke universitas tersebut.

Selain itu, dalam acara ini pula pihak Madrasah juga bekerja sama dengan lembaga KPLN (Komite Pendidikan Luar Negeri). Komite ini merupakan konsultan penyedia jasa informasi pendidikan dan pelayanan pengurusan studi ke luar negeri. Lembaga ini beroperasi sejak tahun 2010 dengan berbagai program mumpuni yang telah berhasil memberangkatkan ratusan pelajar ke berbagai Negara.  Baik ke timur tengah seperti : Mesir, Sudan, Yordania, Pakistan.maupun ke Eropa seperti : Jerman dan Turkey. Ini merupakan kesempatan langka nan berharga bagi santri Nurul Islam yang impiannya ingin melanjutkan studi luar negeri. Setelah presentasi dari dua universitas sebelumnya, pihak KPLN memberikan penjelasan yang detail mengenai kondisi daerah disana, bagaimana suasana dan cara mendidik masing-masing universitas, bagaimana cara mendaftar, berkas apa saja yang perlu disiapkan, informasi beasiswa, berbagai tips dan trick penting, dan berbagai info menarik lainnya seputar universitas luar negeri. Tidak hanya itu, pada kesempatan ini pula, para santri diberi pelatihan cara regristrasi dan simulasi try out. Bagi yang berminat ke Turkey, simulasi dilakukan di lab.komputer Madrasah. Sementara try out ujian ke timur tengah tetap diadakan di Masjid As-Salam. Ini bertujuan memberi gambaran soal ujian dan semua berkas apa saja yang perlu disiapkan. Acara ini dimulai jam 09.30 pagi dan selesai ba’da ashar dengan memberikan kesan luar biasa bermanfaat bagi seluruh peserta. Kegiatan ini begitu penting untuk memberi kesempatan bagi para pelajar melanjutkan studinya. Entah dalam maupun luar negeri. Harapannya, adalah agar acara seperti ini diagendakan kembali tahun depan. Dan semoga Allah memudahkan segala urusan para santri agar lulus dengan khusnul khotimah nanti. Aamiin…

Lihat Juga

MANISTA VS AL-IRSYAD

pertandingan antara MANISTA VS AL-IRSYAD telah dilaksanakan pada pekan lalu. melibatkan seluruh murid kelas 10,11, …