Home / Alumni / Ma Nurul Islam Adakan Bimbel Persiapan Studi Lanjut Ke Al-Azhar Mesir

Ma Nurul Islam Adakan Bimbel Persiapan Studi Lanjut Ke Al-Azhar Mesir

Tengaran – YPI Sabilul Khoirot sebuah lembaga pendidikan Islam di Tengaran dengan MA Nurul Islamnya selama seminggu lebih ini mengadakan bimbel persiapan studi lanjut ke Al-Azhar Mesir. Terhitung sejak 29 Juli hingga 19 Agustus 2017 nanti

Bimbel persiapan studi lanjut ke Al-Azhar Mesir adalah persiapan menghadapi sekolah  bahasa yang diwajibkan oleh pihak Al-Azhar ketika sudah tiba di Mesir nanti.

Sebagai informasi, sejak 4 tahun belakangan ini setiap mahasiswa baru non Arab yang diterima di Al-Azhar wajib mengikuti sekolah bahasa, tujuannya guna mempercepat adaptasi kebahasaan saat memasuki bangku kuliah.

Sekolah bahasa ini sendiri memiliki beberapa tingkatan atau mustawa, untuk bisa dinyatakan lulus harus melewati 6 mustawa, akan tetapi tidak semua mahasiswa baru melewati ke enam mustawa tersebut, sebelum masuk sekolah ini diadakan tahdid mustawa atau tes penentuan pada tingkatan berapa kemampuan bahasanya, jadi semakin tinggi kemampuan bahasa seseorang semakin sedikit pula mustawa yang harus diselesaikannya.

MA Nurul Islam mengadakan bimbel ini salah satu tujuannya, membekali santrinya yang melanjutkan ke Al-Azhar agar saat tahdid mustawa nanti bisa melewatinya dengan baik. Akan tetapi tidak terkhusus hanya ke santri Nuris saja, bimbel ini terbuka bagi siapa yang sudah diterima dan akan melanjutkan studinya ke Mesir.

Tercatat 8 orang dari luar Nuris ikut serta dalam bimbel tersebut, sebut saja dari Ibnu Abbas Klaten, dll.

Adapun materi bimbel diantaranya, nahwu shorf, istima’, insya’, fahmul maqru’ dll kesemua materi diajarkan oleh ustadz-ustadz alumni timur tengah. Selain itu santri yang mengikuti kegiatan ini juga diwajibkan tinggal di asrama, karena untuk memudahkan pembelajaran serta kondusifitas lingkungan. (sitta)

Lihat Juga

Tingkatkan Ketertiban Santri, MA Nuris Sosialisasikan dan Launching GDM

Tengaran – Setelah menikmati liburan selama satu minggu seusai melaksanakan UTS semester 1 dan agenda …