Berita Terkini
Home / Berita / Meriahnya Awesome Muharram 2017

Meriahnya Awesome Muharram 2017

Ucapan syukur Alhamdulillah tak henti-hentinya terucap atas karunia Allah SWT yang masih memberi kita nikmat iman, islam, dan kehidupan sehingga sampai saat ini kita berada dalam pergantian tahun dalam kalender islam yaitu tahun 1439 H, tepatnya bulan Muharram ini.

Dan dalam bulan Muharram 1439 H yang mulia ini, marilah kita bersama sebagai muslim dan muslimah muda generasi penerus islam zaman ini, untuk berhijrah menjadi pribadi yang lebih berkualitas dan mumpuni.

Oleh karena itu, OPNI (Organisasi Pelajar Nurul Islam) mengadakan sebuah event bernama Awesome Muharram dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim ini, serta dalam rangka meningkatkan kualitas para santriwan-santriwati MA Nurul Islam menjadi pemuda-pemudi islami yang kuat jasmani dan tajam pikirannya.

Awesome Muharram ini adalah semacam agenda tahunan yang tiap tahunnya diselenggarakan oleh OPNI MA Nurul Islam, dengan konsep yang sama dengan classmeeting (pertandingan antar kelas). Di Awesome Muharram ini diadakan berbagai macam lomba menarik yang bertujuan menjadikan para santriwan-santriwati menjadi generasi yang lebih kuat jasmani dan tajam pikirannya.

Awesome Muharram tahun ini diadakan mulai dari tgl 4 -6 (Rabu – Jum’at) Oktober 2017  setelah para santri selesai melaksanakan UTS semester 1. Dan OPNI tahun ini mengambil tema lomba “Get Yourself And Do Your best”

Lomba-lomba yang diadakan di Awesome Muharram dibagi menjadi 2 macam, yaitu kategori kepustakaan (tulis menulis) dan fisik (keolahragaan), diantaranya:

  1. Cerpen
  2. Puisi
  3. Poster
  4. Kaligrafi
  5. Mars manista
  6. Volley ball (just for santriwan)
  7. Mini soccer (just for santriwati)
  8. Basket ball 3 on 3
  9. Tenis meja (ping pong)

Di hari pertama (Rabu/4 Oktober) adalah hari pembukaan yang diadakan di halaman depan MA Nurul Islam. Pembukaan Awesome Muharram dibuka secara simbolis dengan beberapa sambutan dari Kepala Madrasah Aliyah Nurul Islam dan dengan menerbangkan balon dan menyulut petasan. Setelah pembukaan usai, dimulailah lomba sesi pertama yang mencakup bidang kepustakaan. Lomba diadakan di masing-masing kelas yang telah ditentukan.

Di dalam lomba cerpen, tiap peserta harus membuat karyanya dengan tema tentang ‘perjuangan dan pengorbanan’. dalam lomba cerpen ini, para peserta sangat antusias dan serius dalam menggarap karyanya. Dan hasilnya begitu memuaskan. Banyak dari peserta menulis tema mereka dengan versi mereka masing-masing. Ada yang menceritakan tentang perjuangan ayah pada anaknya, pengorbanan ibu pada anaknya, dan perjuangan guru untuk muridnya.

Dalam lomba puisi, tahun ini mengangkat tema ‘cinta kami untukmu Rohingnya’. Ini sebagai bentuk rasa peduli pada keadaan rakyat Rohingya saat ini (semoga mereka selalu dalam lindungan allah swt) banyak dari para peserta menuangkan semua perasaan mereka terhadap penderitaan rakyat Rohingya melalui tulisan mereka. Dan hasilnya mereka menghasilkan karya-karya yang mengharukan.

Dalam lomba poster dan kaligrafi, peserta terlihat begitu cekatan dalam menciptakan karya mereka. di Lomba kaligrafi, mengharuskan peserta membuat ayat qur’an dan di lomba poster, membuat kata-kata islami.

Selain ke-empat lomba tadi, ada dua lomba fisik yang diadakan di hari pertama. Yaitu lomba tenis meja yang dikhususkan bagi santriwan dan diadakan di aula asrama. Disini terlihat sekali ketangkasan peserta menunjukan keahlian mereka.Pertandingan berlangsung dengan sengit dan seru.

Lomba selanjutnya adalah mini soccer khusus santriwati yang diadakan di lapangan main MA. Inilah uniknya Awesome Muharram tahun ini. Bukan hanya santriwan saja yang suka bermain sepak bola, namun kali ini santriwati lah yang akan bermain bola. Skill mereka dalam bermain begitu menakjubkan, tidak kalah dengan santriwan. Lomba ini berlangsung sangat heboh dan seru.

Di hari kedua (Kamis/5 Oktober) inilah sesi khusus untuk lomba fisik. Untuk santriwati, lomba tenis meja diadakan di kelas. Dan santriwati pula mengikuti lomba basket ball di pagi hari bertempat di halaman MA Nurul Islam. Kedua lomba diikuti oleh peserta santriwati yang handal di bidang mereka. Banyak sekali terdengar teriakan heboh para suporter mendukung tim jagoan mereka.

Sedangkan bagi yang santriwan, mengadakan lomba volley ball di pagi hari bertempat di lapangan main MA. Dan lomba basket ball di sore hari berlokasi di halaman MA Nurul Islam (bergantian dengan santriwati) di sore hari. tidak hanya para peserta saja yang mengikuti lomba ini, para ustadz pun ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Tim dari ustadz begitu sulit dikalahkan. Pertandingan berlangsung begitu seru, sengit, melelahkan, namun menyenangkan.

Di hari ketiga (Jum’at /6 Oktober) inilah sesi akhir perlombaan. Di hari ini hanya diadakan satu lomba yaitu Mars Manista. Kegiatan ini diadakan di aula MA.  Para peserta menunjukkan penampilan mereka yang luar biasa dalam menyanyikan lagu mars mereka masing-masing.

Setelah lomba mars manista terlaksana, tibalah saatnya pengumuman dan pembagian hadiah bagi para juara lomba Awesome Muharram tahun ini. Begitu meriah dan heboh sekali saat sesi pembagian hadiah dilaksanakan. Berkali-kali terdengar teriakan kemenangan dari para peserta dan para suporter.

Dan akhirnya agenda Awesome Muharram ini berakhir dengan membekaskan kesan yang luar biasa menyenangkan. Harapan dari para panitia OPNI adalah agarpara peserta dapat mengamalkan apa yang telah mereka dapatkan selama lomba, seperti sportivitas, kerja sama, kekompakkan, dan jiwa kepemimpinan. Dan inilah akhir dari Awesome Muharram tahun ini. Harapan selanjutnya adalah Semoga Awesome Muharram tahun depan menjadi lebih menarik dan menantang bagi para peserta tahun depan.

 

Lihat Juga

Perkemahan Kamis – Sabtu MA Nurul Islam

Pertengahan bulan November ini tepatnya tanggal 16-18, Dewan Ambalan Kyai Zainal dan Nyai Aini mengadakan …