Berita Terkini
Home / Berita / Perkemahan Kamis – Sabtu MA Nurul Islam

Perkemahan Kamis – Sabtu MA Nurul Islam

Pertengahan bulan November ini tepatnya tanggal 16-18, Dewan Ambalan Kyai Zainal dan Nyai Aini mengadakan acara rutin yang di selenggarakan tiap tahunnya yakni kemah. Kemah pada tahun ini di adakan di Bumi Perkemahan Indra Prastha Ampel dan mengangkat tema “Bergerak Bersama, Menggapai Satu Tujuan”. Acara kemah kali ini bersamaan dengan pelantikan Dewan Ambalan Masa Bhakti 2017/2018.

Pembukaan kemah di langsungkan pada hari kamis, 16 November 2017. Karena cuaca sedang tidak bersahabat, keberangkatan peserta ke Buper Indra Prastha Ampel di tunda sampai besok pagi. Sebagai ganti kami tetap melaksanakan kemah di sekolah kami yaitu MA Nurul Islam. Pembukaan dilaksanakan di aula sekolah dan di resmikan oleh Kamabigus Gugus Depan MA Nurul Islam kakak Purwoko S.Pd.. Acara di resmikan dengan penyematan co-card peserta. Malamnya dilanjutkan dengan kegiatan game dan nonton film bersama.

Pagi hari, dilanjutkan dengan sholat tahajud dan sholat shubuh berjamaah. Setelah itu, peserta di minta untuk bersiap-siap karena pemberangkatan akan di langsungkan pada pukul 07.00 WIB. Dan akhirnya, kita pun berangkat ke Buper dengan menggunakan 2 truck. Perjalanan memakan waktu 1 jam karna kondisi jalan yang menanjak dan berlobang. Walaupun begitu, para peserta tetap antusias menikmati perjalanan. Sesampainya di lokasi buper, perserta langsung mendirikan tenda di tempat yang sudah disediakan. Sembari menunggu peserta mendirikan tenda, pengurus dewan ambalan yang sekaligus mencakup panitia kemah melaksanakan gladi bersih untuk pelantikan Dewan Ambalan Masa Bhakti 2017/2018. Setelah semua tenda berdiri, para peserta diminta ke lapangan untuk melakukan acara pelantikan.

Setelah menyelesaikan acara pelantikan, kegiatan selanjutnya adalah materi yang disampaikan oleh pak Khulafaur Rasyidin yang menjabat sebagai Koramil. Peserta terlihat bersemangat ketika materi yang disampaikan tentang pemuda zaman sekarang. Setelah materi, peserta pun bersiap-siap melaksanakan solat jumat bagi peserta putra sekaligus istirahat dan makan siang.

Setelah rehat sejenak, kegiatan selanjutnya adalah soft game. Namun, ditengah-tengah kegiatan, rintik hujan mulai turun membasahi bumi perkemahan kami. Walau begitu, peserta tetap terlihat menikmati rintikan hujan dan tetap semangat melanjutkan game tersebut. Masuk waktu solat, peserta pun bersiap-siap dan membersihkan diri. Usai melaksanakan solat asar berjamaah, dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh ust. Farros tentang sejarah perjuangan Islam di Indonesia. Lebih tepatnya perjuangan santri dalam membela kemerdekaan Indonesia. Karna hujan masih setia mengguyur bumi perkemahan, panitia meminta para peserta untuk mengamankan barang-barang mereka yang didalam tenda. Memasuki waktu solat maghrib, peserta beristirahat sedang panitia berkoordinasi untuk melakukan upacara api unggun.

Malam hari setelah solat isya’, semua peserta maupun panitia berkumpul di lapangan untuk mengikuti upacara api unggun. Upacara terasa khidmat ketika dibacakan ulang janji pramuka oleh Dewan Ambalan disekitar api unggun tersebut sambil membawa obor lalu diletakkan disekitar api unggun yang belum menyala. Kami semua berdecak kagum ketika tiba-tiba panitia putra meluncurkan minyak dari atas tebing ke tengah-tengah api unggun dan berkobarlah api unggun itu. Belum habis kekaguman kami, terdengarlah gemuruh kembang api di langit-langit. Sontak kami pun langsung mendongakkan kepala untuk menyaksikan indahnya warna-warni kembang api dibawah gelapnya langit malam. Seusai upacara api unggun, kami pun melaksanakan pentas seni. Tiap sangga menampilkan pertunjukkan yang sudah mereka siapkan sebelumnya. Semakin malam, udara dingin dibawah lereng gunung Merbabu mulai terasa menusuk. Akan tetapi peserta tetap antusias mengikuti acara sampai waktu menunjukkan pukul 23:00 WIB. Karna sudah larut, peserta diminta untuk beristirahat.

Pada pukul 00:30. Kakak Dewan Ambalan Masa Bhakti 2016/2017 membangunkan Adik Dewan Ambalan Masa Bhakti 2017/2018 untuk melakukan jurit malam sekaligus melatih mental mereka sebagai bekal kepengurusan mereka kedepannya. Setelah melakukan jurit malam kepada Adik Dewan Ambalan, kami para panitia melanjutkan jurit malam untuk para peserta. Suasana malam yang sepi ditambah dengan udara dingin membuat kegiatan jurit malam terasa semakin mencekam. Ditambah dengan berita-berita tahayyul yang sudah mereka dengar sebelumnya. Adzan subuh pun berkumandang menandakan jurit malam telah selesai. Para peserta pun bersiap-siap melaksanakan solat subuh berjamaah di pendopo. Usai solat berjamaah, salah satu anggota Dewan Ambalan Masa Bhakti 2016/2017 yaitu kakak Ahmad Fauzi mengisi renungan pagi.

Setelah istirahat dan sarapan pagi, peserta pun melakukan senam untuk pemanasan sebelum kegiatan scout adventure. Tepat pukul 08:00 WIB, kegiatan yang ditunggu-tunggu pun dimulai. Dengan berjalan sekitar 2 KM mengelilingi desa, aura semangat para peserta tetap terpancar di wajah mereka walau ada beberapa sangga yang sempat tersesat. Tapi senyum mereka tetap merekah. Setelah melaksanakan kegiatan scout adventure yang melelahkan namun mengasyikkan, peserta bersih-bersih diri dan melakukan solat zuhur. Namun bagi peserta putra, mereka masih melanjutkan kegiatan yakni water game. Setelah semua kegiatan selesai dilaksanakan, para perserta maupun panitia membereskan barang-barang karna upacara penutupan akan segera dilaksanakan.

Pada pukul 14:30, kami mengikuti upacara penutupan dengan khidmat. Setelah itu sesi dokumentasi bersama. Setelah 3 hari mengikuti acara kemah, wajah para peserta maupun panitia terlihat lelah namun tetap bahagia karna sudah mengikuti serangkaian acara kemah yang kami sebut dengan PKS (Perkemahan Kamis – Sabtu).

–Rofifah dan Khazi-

 

Lihat Juga

Longmarch Qur’an, Kuatkan Jasmani dan Rohani.

Sore itu derap langkah para santri yang diiringi dengan senyuman dengan perlahan menyusuri jalan. Langkah …