Home / Alumni / Rumaisha Himmah As Syahidah (Al Hafidzah), Alumni Ma Nurul Islam Tengaran Raih Beasiswa Studi Ke International University Of Africa Di Khartoum, Sudan

Rumaisha Himmah As Syahidah (Al Hafidzah), Alumni Ma Nurul Islam Tengaran Raih Beasiswa Studi Ke International University Of Africa Di Khartoum, Sudan

Memperdalam ilmu agama selalu menjadi cita-cita yang mulia, karena dengan itu, hidup akan menjadi terarah. Dengan bekal ilmu syariah yang cukup, maka tugas dan kewajiban sebagai seorang muslim untuk menuntut ilmu sudah tertunaikan. Dan itu juga yang menjadi kunjungan ke Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran, yang difokuskan pada bidang keagamaan, dengan harapan bisa membekali para santri dengan bekal ilmu agam yang mumpuni. Harapannya, selepas lulus studi di MA Nurul Islam, para santri bisa melanjutkan untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.
Salah satu yang sudah kesampaian harapannya untuk memperdalam ilmu agama adalah Rumaisha Himmah Asy Syahidah. Alumni MA Nurul Islam asal Salatiga, Jawa Tengah ini bersiap dan sudah mulai merasakan letih dan capainya perjuangan menggapai cita-cita di Khartoum, Ibukota Negeri Sudan, Afrika. Pada tanggal 22 Agustus 2021 yang lalu, himmah –demikian ia biasa dipanggil- terbang menggunakan pesawat Ethiopia Airlines untuk menggapai cita –cita mulianya.
Setelah mendarat di Bandara Internasional Khartoum, Sudan bersama calon mahasiswa lain dari berbagai penjuru di Indonesia, ia disambut oleh kakak kakak kelas sesama alumni MA Nurul Islam Tengaran yang sudah terlebih dahulu menempuh studi di sana.
Setelah beristirtahat beberapa hari, Himmah langsung berpacu dengan waktu untuk mengurus pemberkasan perkuliahan. Himmah akan melanjutkan studi di Internationa University of Africa (IUA) atau Universitas Internasional Afrika, Sudan.
“MasyaAllah banyak sekali hal-hal baru yg saya temui selama di Sudan ini. Selama pekan-pekan awal disini saya belajar tentang kesabaran, bagaimana cara berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara” kata putri dari alm. Bp Sudirjo dan Ibu Aena Hulaya ini.
Lantas jurusan apa yang akan diperdalam oleh gadis yang sudah hafal al qur`an 30 juz ini? “InsyaAllah di IUA ini saya ambil jurusan tafsir wa Ulumul Qur’an. Untuk mahasiswa tahun pertama kami masih belajar bersama jurusan lain (Musytarok). Untuk pembelajaran di sini kita bisa menyesuaikan diri, karena kebanyakan dosen disini disiplin memakai bahasa arab fushah”, kata HImmah
Untuk kesuksesannya ini, tak lupa, Himmah bersyukur kepada Allah SWT mengingat proses pendaftaran sampai di terima di IUA ini butuh perjuangan panjang dan penuh kesabaran. Apalagi wabah covid juga membuat segalanya lebih lambat. Himmah mendaftar ke Sudan melalui jalur beasiswa dimana saat itu Dr Ahmad Thoyib sebagai salah satu utusan resmi IUA berkunjung ke Pesantren Nurul Islam di Tengaran, sekaligus menyeleksi santri-santri yang berminat ke sana.
Semoga Rumiasha Himmah Asy Syahidah memperoleh hasil yang terbaik dalam menempuh studinya, Amiin.

Lihat Juga

Tiba di Kairo, Empat alumni MA Nurul Islam siap melanjutkan studi ke Universitas Al Azhar

  Alhamdu lillah, jumlah alumni Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran yang melanjutkan studi ke Universitas ...

Dua Hafidz Alumni MA Nurul Islam, M. Izzudin Al Qasam dan M. Hasan Huwaidi melanjutkan studi ke Universitas Al Iman, Yaman

  Madrasah Aliyah Nurul Islam kembali memperluas sebaran studi lanjut alumninya. Tahun 2021 ini, dua ...

Wisuda Sarjana Universitas Al Azhar Kairo : Empat alumni MA Nurul Islam Tengaran raih gelar Lc

  Limpahan rasa syukur berpadu keharuan menyelimuti suasana pagi di Al Azhar Conference Center, Cairo, ...