Sejarah Yayasan dan Pesantren

Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran terletak di Jl. Raya Salatiga-Solo Km 8, Kaligandu, Rt 11/ 03, Klero, Kec. Tengaran, Kab Semarang, Jawa Tengah. Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Sabilul Khoirot. Cikal bakal yayasan ini sudah dimulai sejak tahun 70-han dalam bentuk Pondok Pesantren Sabilul Khoirot yang didirikan oleh al maghfur lahu Romo Kyai Haji Zaenal Mahmud. Dalam perjalanannya, beliau juga menginisiasi pembentukan yayasan resmi berakta notaris dengan nama Yayasan Amanat Umat. Dari Yayasan Amanat Umat ini lahirlah Madrasah Tsanawiyah Amanat Umat, 12 Madrasah Ibtidaiyah  dan 6 RAudhatul Athfal se kecamatan Tengaran, di samping juga lahirlah TKIT Nurul Islam tahun 1999 dan SDIT Nurul Islam tahun 2001. Setelah melalui musyawarah pengurus, akhirnya disepakati membuat yayasan baru bernama Yayasan Pendidikan Islam Sabilul Khoirot, yang menanungi TKIT dan SDIT Nurul ISlam . Sedangkan Yayasan Amanat Umat tetap eksis dengan 12 MI dan 6 RA nya.  Adapun Mts Amanat Umat dilebur ke dalam pondok pesantren yang akhirnya bertransformasi menjadi SMPIT Nurul ISlam (2007) dan MAdrasah Aliyah Nurul Islam (2013), dan sekarang bertambah lagi dengan SMAIT Nurul Islam (2020).

Al maghfur lahu KH Zaenal Mahmud, BA. (1931-2008) pendiri pesantren

 

Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran merupakan lembaga pendidikan yang memadukan aspek  ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah dalam kegiatan pembelajarannya, guna membentuk kader yang siap memimpin ummat dan bangsa di masa depan. Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran menggunakan model pendidikan pesantren / boarding school sehingga selama 24 jam peserta didik mendapatkan lingkungan yang kondusif dan aman dari pergaulan bebas tanpa kontrol. Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran terletak di lokasi yang sangat strategis, di jalur utama Solo – Semarang, dan berada di kaki Gunung Merbabu yang sejuk dan alami.

Semenjak didirikan di tahun 2013, MA Nurul Islam Tengaran sudah meluluskan enam kali di tahun 2021 dan telah meloloskan para alumni nya ke Perguruan Tinggi – Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Jurusan Agama maupun Umum, di dalam maupun di luar negeri. lebih lengkap tentang alumni bisa di akses di folder alumni.