Abdullah Hilmi Mumtaz dan Alya Rasyida pimpin OPNI Ponpes Nurul Islam 2021-2022

 

 

\Pesta demokrasi pemilihan ketua Organisasi Pelajar Nurul Islam  (OPNI) Madras Aliyah Nurul Islam sudah usai. Hari selasa, 19 Oktober 2021, akhirnya terpilihlah ketua baru OPNI MA Nurul Islam untuk masa bakti 2021/2022. Di putra, Abdullah Hilmi Mumtaz terpilih menjadi ketua baru, mengalahkan dua kandidat yang lain, Harist Fatahillah Wisanggeni dan Ahmad Uwais Adz dzikra. Sedangkan di kalangan santri putri, Alya Rasyida leading mengungguli dua calon yang lain, Alanna Aghinya Hasanah dan Aulia Dwu Lestari.

Rangkaian pemilihan ketua OPNI ini sudah di mulai sejak hari senin, tanggal 4 oktober 2021. Seluruh rangkaian dan tahapan acara di gawangi oleh tim dari kepesantrenan putra maupun putri. Maka selain di MA, di SMPIT dan SMAIT Nurul Islam pun juga melakukan proses yang sama untuk memilih ketuanya. Nantinya ketua dari SMPIT dan SMAIT akan berkoordinasi dibawah pimpinan ketua OPNI MA Nurul Islam.

Adapun rangkaian acara pemilihan ini sudah dimulai sejak dari penyaringan kandidat ketua, interview dan pengambilan nomor urut, kemudian di lanjutkan dengan debat kandidat, dan pada akhirnya di pungkasi dengan pemilihan ketua melalui pencoblosan. Dalam pelaksanaan pencoblosannya, semua dewan guru dan musyrif/ah ikut mencoblos kandidat, putra maupun putri. Sedangkan untuk santri, santri putra hanya memilih calon putra dan santri putri memilih calon putri.

“Pemilihan ketua OPNI ini tentu adalah agenda tahunan yang bertujuan untuk pembelajaran demokrasi bagi para santri sekaligus tentu saja regenerasi amanah dan kepemimpinan kepengurusan santri”, kata Ust Fajar Ali Sadikin, S.Pdi, Waka kesiswaan yang mengkoordinir acara pencoblosan.

Setelah proses pemilihan ini, akhirnya pengurus baru OPNI masa bakti 2021-2022 dilantik. Prosesi pelantikan ini dilaksanakan pada hari sabtu malam ahad, 23 Oktober 2021. Acara ini ipimpin oleh Direktur Pesantren KH Luthfi Hakim, Lc dan para pengurus dilantik oleh Kepala Pesantren, Ust Santoso, S.Pdi dan Ustadzah Nurrahmah, S.Pd. Abdullah Hilmi Mumtaz dilantik secara resmi sebagai ketua OPNI menggantikan Azfa Aulia Hakim yang merupakan ketua OPNI periode sebelumnya. Sedangkan Alya Rasyida dilantik sebagai ketua OPNI menggantikan Nafi Asmanadia, ketua periode sebelumnya.

 

 

 

 

“Amanah sebagai pengurus ini bukan tasyrif, tapi taklif, bukan posisi yang harus dibanggakan, tapi tugas yang harus dilaksanakan, karenanya saya berharap agar para pengurus bisa menjalankan amanah ini sebaik-baiknya demi kemajuan pesantren kita”, demikian taushiyah dari KH Luthfi Chakim kepada para pengurus

Selamat untuk Abdullah Hilmi Mumtaz dan Alya Rasyida, semoga pengurus OPNI masa bakti 2021/2022 mampu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.